Breaking News

Views: 5
0 0

SuaraPasuruan.Com, Kab. Pasuruan – Tahun 2021 mendatang, jumlah perpustakaan umum di Kabupaten Pasuruan akan kembali bertambah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan, Moh Ridwan mengatakan, pihaknya akan mengusulkan pembangunan satu perpustakaan umum di wilayah Kecamatan Wonorejo, yakni berada di sekitaran Alun-Alun Besaran Wonorejo.

“Kita usulkan untuk dibangun pada tahun depan, dan smeoga disetujui oleh DPRD Kabupaten Pasuruan,” kata Ridwan, saat ditemui di kantornya, Kamis (08/10/2020) siang.

Dijelaskannya, usulan dibangunnya perpustakaan umum di Wonorejo tak lain lantaran banyaknya permintaan masyarakat, plus adanya tanah pemda yang sudah siap untuk dimanfaatkan sebagai sarana public.

“Kalau tanah dan lokasinya sudah siap. Tinggal pembangunannya saja. Maka dari itu, kami usulkan di penganggaran tahun depan. Kalau tahun ini tidak mungkin, apalagi PAK, karena sudah mepet sekali,” terangnya.

Untuk membangun perpustakaan umum, besaran anggaran juga sudah direncanakan, yakni antara Rp 100 juta hingga Rp 200 juta. Besaran anggaran tersebut hanya untuk membangun fisik bangunan saja. Sedangkan untuk sarana prasarana lainnya seperti pengadaan buku bacaan dan lainnya, jelas berbeda.

“Kalau anggaran Rp 200 juta hanya pembangunan fisik saja. Kalau yang lain belum, melainkan secara bertahap akan kami rencanakan,” tegasnya.

Dengan bertambahnya satu perpustakaan umum, Ridwan berharap agar masyarakat betul-betul memanfaatkan perpustakaan sebagai kunjungan wajib, setiap harinya.

“Muaranya adalah jumlah kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat, dan minat baca juga semakin baik,” jelas pria yang sebelumnya menjabat Camat Gempol itu. 

Seperti diketahui, saat ini total ada 8 perpustakaan umum yang ada di Kabupaten Pasuruan. Yakni di Gondangwetan, Grati, Pandaan, Purwosari, Rembang, Bangil, Nguling dan Tosari. Dari 8 perpustakaan tersebut, jumlah kunjungan paling banyak di Perpustakaan Pandaan dan Tosari. (red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *